Cultural, Self Improvement, Society, Travelling

Jakbook, Surga Para Pecinta Buku

Hari Minggu kemarin, media sosial diramaikan dengan foto-foto orang baca buku di MRT.

Buat para pecinta buku, ini bukan perkara ajaib, biasa saja, tapi buat Indonesia secara umum, yang hanya unggul dari satu negara, yakni Botswana yang berada di kerak peringkat literasi, ini jadi nampak berbeda.

Nah, mumpung masih hangat event bertagar #RuangBacaJakarta ini, saya mau cerita soal Jakbook, pasar buku dengan konsep baru di Jakarta.

Untuk bisa membaca, kamu perlu buku untuk dibaca kaaannn? Kamu bisa belanja di sini.

Ini adalah terobosan keren Pak Gubernur dan jajarannya di Pemprov DKI Jakarta, dalam rangka menghadirkan buku-buku murah buat warga dan menyediakan lapak bagi pedagang buku di Jakarta.

Yang dulu suka main ke Kwitang pasti ngerasain panas, hujan, debu kalau lagi berburu buku di pinggir jalan, demi harga yang lebih murah. Setelah era Kwitang, pasar buku pindah ke Senen dan Blok M Square, tapi konsepnya masih belum baru.

Konsep baru gimana sih?

Hehehe.. ya ngga baru-amat juga sih, tepatnya mengadopsi konsep jaringan toko buku besar yang sudah tersebar di penjuru Indonesia. Pasar rasa toko buku. Murah tapi nyaman.

Kaya gini nih..

Penataan buku, alat tulis, suasana lorong-lorongnya bener-bener mirip sama jaringan toko buku itu.

Bahkan tersedia juga fasilitas pencari buku, untuk membantumu menemukan buku yang dicari. Dan berfungsi dengan baik lho!

Selain Jakbook, ada juga lapak-lapak pedagang buku perorangan.

Mereka menempati kios-kios dan bukunya boleh ditawar! Kemarin saya sempat belanja buku dengan harga 30 persen lebih murah. Lumayan kaannn..

Istimewanya, meski murah dan berada di pasar, kamu ngga akan merasa sedang berada di pasar. Bersih, berpendingin ruangan, lengkap dengan fasilitas yang baik. Mulai ATM, bank, food court, sampai ruang laktasi!

Capek keliling cari buku, kamu bisa mampir ngopi. Mau sekalian kerja atau meeting, ada co-working space juga. Bahkan ada Taman Kanak-kanak untuk putra-putri para pedagang buku di sini. Ah, lengkap!

Dari tadi disebut di pasar, di pasar, beneran di pasar?

Iyaaa….😁😁😁

Jakbook ada di lantai 3 Pasar Kenari Jakarta.

Jalan Salemba Raya, persis di sebelah kampus UI Salemba.

Halte Transjakarta terdekat: Halte Salemba UI. Turun bus, tinggal nyebrang, jalan dikit, sampai.

Stasiun terdekat, Stasiun Kramat, turun kereta, naik ojol.

Yang bawa kendaraan roda empat, tersedia parkir luas di atap gedung.

Tinggal turun satu lantai, udah sampai ke lokasi.

Para pecinta buku, kamu udah ke sini belum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *