Categories
Society Travelling

Ada PIM di Utara Jakarta! Pasar Ikan Modern Muara Baru

Akhir Desember kemarin, saya ngomel panjang di media sosial soal Kawasan Kota Tua yang makin ya gitu deh. Lalu ada yang komen, ya ngga usah ke sana lah kalau sudah tau ngga akan nyaman.

Sebenarnya saya cuma transit di situ, meeting point menuju ke PIM / Pasar Ikan Modern Muara Baru 😁😁.

Setelah 9 bulan diresmikan, baru ini bisa blusukan ke pasar ikan modern persembahan Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang dikelola oleh Perum Perindo.

Yang baru sih cuma pasar modernnya. Karena Muara Baru sudah sejak lama jadi salah satu pusat perdagangan ikan di Jakarta, bersama-sama dengan Muara Angke, Muara Kamal dan Cilincing.

Saya pernah berkunjung ke Muara Karang (btw, ini sebenernya sama ngga sih dg Muara Angke?), dan rekaman ingatan saya tentang kondisi pasarnya seketika ambyar setelah melihat PIM Muara Baru. Kaya bumi dan langit.

Untuk ukuran pasar, bangunannya megah dan bersih. Selain pasar basah, ada juga area pasar kering, food court, masjid, parkir mobil dan motor yang memadai. Akses jalan menuju ke lokasi juga cukup rapi.

Dari Kota Tua, sebenernya ada bus kecil P02 pengganti metromini trayek Senen-Muara Karang, tapi kadang kami suka iseng kan mengenang transportasi ‘vintage’ Jakarta, jadi kami malah memilih seseruan naik metromini.

Turun di pertigaan Penjaringan, titik temu Jalan Gedong Panjang dan Pluit Selatan Raya. Lalu lanjut naik angkot menyusuri Jalan Muara Baru.

Turun persis di depan PIM Muara Baru, yang memang lokasi di mana angkot harus memutar balik karena jalan ini berujung di gerbang masuk Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta.

Pulangnya, saya sekeluarga naik angkot yang sama, turun di halte Pakin.

Lanjut naik Tije 1A menuju Balaikota, disambung jalan kaki ke parkiran Sarinah, tempat mobil kami menunggu.

Pengennya sih ngga usaha bawa mobil lagi kemana-mana, tapi dari dan menuju rumah di Cibubur, masih PR banget transportasi publiknya.

Kelanjutan cerita tentang ikan dan makanannnya, tunggu ya di post selanjutnya 😉.

1 reply on “Ada PIM di Utara Jakarta! Pasar Ikan Modern Muara Baru”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *