Categories
Culinary Travelling

Food Court Pasar Ikan Modern Muara Baru

Masih lanjutan cerita dari Pasar Ikan Modern Muara Baru kemarin…

Karena saya bukan tipikal yang betah berjam-jam mengolah bahan makanan di dapur, apalagi yang baunya berisiko nempel di rumah, maka kelar belanja langsung naik ke foodcourt, serahkan pada ahlinya! 😁

Nah, begitu naik, jreng-jrengggg.. di sisi kiri ada sekitar sepuluhan kios jasa masak berderet. Di seberangnya, bara-bara api sedang sibuk menebar wangi ikan bakar. Pilih yang mana dong?

Atas rekomendasi kawan yang sudah pernah makan di sini, akhirnya rombongan kami memilih kios nomor enam, Green Seafood.

Para pemilik kios ini menjual jasa masak ikan dengan beragam menu. Kita bisa memilih sesuai selera. Untuk jasa masak, tarifnya Rp 30.000 per kg, dan sekilo bahan ini boleh dijadikan 2 menu. Sedangkan untuk jasa bakar, tarifnya Rp 25.000 per kg. Sambalnya bisa milih juga, sambal terasi, tomat, kecap, dabu-dabu, sampai sambel pencit alias mangga muda. Extra sambal dihargai Rp 5000 per porsi. Selengkapnya bisa dilihat di daftar menu ini ya..

Belanjaan yang saya masak di kios ini,

  • 1 kg cumi, jadi 1 porsi cumi saos padang dan 1 porsi cumi goreng mentega.
  • 1 kg udang, jadi 1 porsi jumbo (di foto separuhnya, separuh lagi dibungkus) udang goreng tepung.
  • 1 ekor seberat 1 kg ikan kuwe, dibakar kecap.

Nah, sebenarnya saat pertama masuk area, saya sempat tertarik dengan plang nama kios ini. Bener berarti ya, pilihan warna merah dan kuning memang paling tepat untuk membangkitkan selera makan 😁.

Saya pilih kios Ikan Bakar Khas Bugis untuk mengubah sotong raksasa ini, (yang digambar tidak terlalu terlihat besar karena tak ada pembandingnya, padahal aslinya sebesar sepatu berukuran 40).

Dan ini hasilnya, dilengkapi dengan sambel pencit.

Rasanya?

Ternyata, plang yang menarik tak mesti berbanding lurus dengan hasil masakanannya. Si kios nomor enam yang nampak kurang menarik, rasanya justru jauh lebih enak. Si anak lanang yang memang penggemar seafood, puas makan tanpa komplain soal rasa.

Sotong Bakar dari kios Bugis, rasanya terlalu biasa. Untunglah, rasa manis khas seafood yang masih segar membantu banget, plus sambal mangganya yang cukup nikmat.

Harganya?

Soal harga pasti relatif ya.. saya kasih gambaran aja..

Untuk sejumlah makanan yang saya ceritakan di atas, total semuanya Rp 313.000, mulai bahan sampai jasa masak. Kami sekeluarga makan berempat, masih bisa dibawa pulang sebagian. Sudah pakai minum es kelapa muda utuh, bergelas-gelas es teh manis, nasi putih nambah-nambah. 🙊

Oya, yang harus kamu pertimbangkan adalah waktu tunggu yang cukup lama. Ada lebih dari 50 meja berkapasitas 6 orang di sini. Di hari Sabtu malam, semua meja terisi, sementara hanya ada sepuluhan kios masak, bayangkan berapa banyak antriannya. Jadi, makan di sini harus santuy, bukan pilihan tepat untukmu yang tak cukup banyak waktu.

Kamu yang mau langsung makan aja tanpa harus ribet belanja, bisa juga kok. Daftar menu dan harga per porsi ada di atas.

Nah, kalau ini, rombongan meja sebelah yang tak kurang seru isi mejanya dari kami sekeluarga.

Jadi, jangan lupa masukkan Food Court Pasar Ikan Modern Muara Baru ke daftar tujuan wisata kulinermu! 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *