Categories
Jelajah Kuliner Masyarakat & Budaya

Sehari di Cirebon, Kemana Saja?

Kalau pandemi berlalu, semua menormal, kamu pengen jalan-jalan kemana? Ke Cirebon mungkin?

Jarak Cirebon relatif tak terlalu jauh dari Jakarta, pilihan tema wisatanya lengkap. Mau wisata alam, religi, sejarah dan budaya, belanja, kuliner, semua ada. Ditambah lagi pilihan transportasi yang cukup mudah, membuat banyak orang menjatuhkan pilihan traveling ke kota pesisir yang terletak di perbatasan Jawa bagian barat dan tengah ini.

Untuk menuju Cirebon dengan kereta, banyak sekali pilihan kelas dan waktu keberangkatan dari Jakarta. Mau naik kendaraan pribadi atau bus juga tak akan menghabiskan waktu terlalu lama sejak ada Tol Trans Jawa. Bahkan sangat memungkinkan untuk melakukan perjalanan pulang pergi dalam sehari alias one day trip.

Pertanyaan selanjutnya adalah, kalau cuma punya waktu sehari di Cirebon, bisa kemana saja? Berikut adalah itinerary saya kemarin.

06.55. Berangkat dari Stasiun Pasar Senen Jakarta.

Saya memilih kereta Tawang Jaya Premium, yang waktu berangkat dan tibanya saya rasa cukup pas dengan rencana perjalanan. Di Cirebon, karena saya pergi berenam, kami menyewa mobil. Kalian yang solo traveling bisa kok kalau memilih menggunakan ojek online saja. Rute di bawah totalnya hanya dua puluh tiga kilometer.

10.00 – tiba di Stasiun Cirebon.

10.30 – sarapan enaaaakk di Nasi Jamblang Bu Nur.

11.30 – Keraton Kasepuhan + Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

12.30 – kawasan Kota Tua Cirebon.

13.45 – Keraton Kanoman

14.30 – BT Batik Trusmi

15.30 – Empal Gentong H. Apud

16.30 – Goa Sunyaragi

18.00 – tiba di Stasiun Cirebon, kembali ke Jakarta

By the way, rincian waktu yang dituliskan di atas adalah hasil jalan-jalan kami, bukan rencana awal. Kami sengaja tidak membuat jadwal dengan pengaturan waktu yang ketat, hanya punya daftar tempat yang ingin dikunjungi, pelaksanaannya santai dan fleksibel menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Cukup banyak juga yang bisa dikunjungi dalam sehari kan? Detail cerita di masing-masing tempat nanti saya tuliskan secara terpisah.

Tentu saja ini belum menuntaskan semua yang ingin saya kunjungi di Cirebon. Kulineran hanya ke dua tempat, belum cobain Mie Koclok dan Gado-gado Ayam. Belum juga blusukan ke Pasar Kanoman. Kepingin juga menelusuri jalur Daendels Jatiwangi Cirebon. Ke Masjid Panjunan, Linggarjati. Banyak mauuuuuu 😄😄.

Semoga pandemi segera berlalu. Situasi kembali kondusif untuk berwisata. Rindu jalan-jalan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *