Categories
Jelajah Masyarakat & Budaya

Ada Sawah Di Jakarta!

Pemandangan seperti ini: jalan sepi, orang duduk-duduk di bawah pohon rindang, sungai, sawah, plus nginthili truk, udah kaya lagi jalan ke sebuah kabupaten di luar Jakarta ya?

Tapi ini masih di Jakarta!

Foto diambil di Jalan Inspeksi, sisi barat Kanal Banjir Timur, yang masuk dalam wilayah administrasi DKI Jakarta. Tepatnya Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

Rorotan posisinya di selatannya Marunda yang kemarin saya kunjungi. Kawasan paling selatannya Jakarta Utara, berbatasan dengan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur.

Sawah di Rorotan

Dan gara-gara main ke sini, saya jadi tahu, beneran masih ada sawah di Jakarta. Total luasnya 414 hektare. Ya meskipun luasan itu ngga ada satu persennya total luas wilayah DKI Jakarta, tetap saja saya takjub. 😄

Lahan sawah itu tersebar di beberapa wilayah. Di Kecamatan Kalideres dan Kembangan, Jakarta Barat, terdapat sebanyak 45 hektare. Lahan sawah terluas berada di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, sebesar 341. Sisanya di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur sebesar 28 hektare.

Lahan sawah dikelola oleh 15 kelompok tani. Dan yang yang istimewa, dari 28 hektare lahan sawah di Kecamatan Cakung tersebut, 8 hektare di antaranya adalah lahan yang sudah dibeli oleh Pemprov DKI, dikelola oleh UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian, sebagai Sawah Abadi. Maksudnya, lahan seluas delapan hektare ini tidak akan berubah peruntukan maupun fungsinya.

Sawah-sawah ini panen juga! Sawah abadi ditujukan untuk memproduksi benih padi. Dan di bulan Juli lalu, Wakil Gubernur bersama kelompok tani baru saja panen sebesar 47 ton benih padi. Sebagian dibagikan lagi ke petani, sebagiannya dijual.

Dengan luas lahan hanya sebesar itu, tentu saja jauh api dari panggang bagi DKI Jakarta untuk swasembada beras. Namun setidaknya meski terkenal sebagai kota metropolitan, dengan belantara beton di penjuru kota, Jakarta juga masih berkontribusi pada urusan pangan.

Ini benar-benar pengalaman berbeda buat saya. Melihat sisi lain Jakarta yang sama sekali tak pernah saya bayangkan. Kawan-kawan yang penasaran ingin berkunjung ke Sawah Abadi bisa search lokasinya di google maps, Kebun Bibit Sawah Abadi DKI Jakarta. Berada di wilayah Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur.

Saat di sana, saya sempat melihat pembangunan jalan, sepertinya jalan tol Cibitung Cilincing yang akan menyeberangi Kanal Banjir Timur. Pembangunan infrastruktur memang penting, tapi semoga sawah ini masih bisa kita lihat tak hanya dalam beberapa tahun ke depan, tapi seterusnya.

Kapan-kapan saya mau coba cari sawah di wilayah barat ahhh. Ada yg tahu tempatnya? 😁😁

One reply on “Ada Sawah Di Jakarta!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *