Categories
Jelajah Masyarakat & Budaya

Sentra Anggrek di Tangerang Selatan #2

Melanjutkan cerita tentang anggrek dari Tangerang Selatan kemarin, kali ini kita akan berkunjung ke kebun anggrek vanda douglas di daerah Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, yang keberadaannya saya ketahui dari pemilik kebun yang saya kunjungi sebelumnya.

Kebun yang saya kunjungi ini berada di Jalan Arjuna. Untuk menuju lokasi, akses jalannya sebenarnya sangat mudah, hanya saja karena belum tahu medan, saya titip parkir di ujung gang dan lanjut berjalan kaki. Kontur tanah yang berbukit lumayan bikin saya merasa lagi liburan beneran haha, dan di ujung jalan, ketika hamparan warna ungu menyeruak, masya Allah, adeeeemmmm rasanya.

Bisa dilihat, kebun ini berlatar belakang bukit kecil yang masih hijau. Saya berhenti beberapa saat untuk memanjakan mata dan memenuhi kebutuhan nutrisi jiwa. Kebahagiaan saya tuh seretjeh ini memaaaaangg.

Kebun yang saya kunjungi ini dimiliki secara perorangan, namun berdasarkan info dari pak penjaga kebun, ada juga kebun yang dikelola secara bersama-sama oleh kelompok tani. Salah satunya Kelompok Wanita Tani Az Zahra, yang kebunnya sempat dipanen oleh Ibu Walikota Tangsel.

Anggrek yang ditanam nyaris semuanya anggrek vanda douglas, yang saat ini jadi salah satu iconnya Tangerang Selatan. Dan rupanya sudah sejak tahun 2012 terus mengalami peningkatan permintaan. Dari 5,5 juta tangkai di 2012 hingga kini tembus lebih 8 juta tangkai per tahun, dan diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan semakin luasnya pangsa pasar bunga anggrek.

Saya bahagia banget lho, tahu sebuah fakta, tak jauh dari Jakarta, di kawasan yang merupakan tempat tumbuh suburnya perumahan baru, masih ada lahan yang difungsikan untuk pertanian. Dan pemerintah kotanya masih berkomitmen untuk menambah lahan pertanian sebagai bentuk dukungan terhadap para petani ini. Sayang aja kan kalau tanah sesubur ini, yang bisa menghasilkan cabe-cabe segede gini semua dilibas untuk bangunan.

Anggrek vanda douglas ini termasuk jenis anggrek (yang ditanam di) tanah. Tahan terhadap sinar matahari langsung. Bisa dilihat dari kebunnya yang benar-benar tanpa dilindungi paranet.

Selain dipanen dan dijual sebagai anggrek potong, anggrek ini juga dijual dalam bentuk tanaman hidup. Dan menurut petaninya, bisa dikirim ke seluruh wilayah Indonesia. Kebun yang saya kunjungi ini juga berjualan secara online, melaluu media sosial dan marketplace.

Gemes memang sih lihat bunganya. Silakan, yang gemes terus mau belanja bolehhh, atau mau berkunjung sekaligus belanja di lokasi juga boleh. Selamat menikmati cantiknya anggrek yaaaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *