Categories
BPN Ramadan 2021 Hobi Pengembangan Diri

Alasan Saya Ngeblog..

Kalau dilihat di archive, saya mulai ngeblog tahun 2010. Awalnya pakai WP gratisan, sempat rajin, lalu berangsur berkurang, berkurang dan lenyap saat media sosial booming.

Bukan berhenti menulis sebenarnya, tapi pindah media. Jaman masih punya FB, nulis di situ. Inget kan, FB sempat punya fitur note, yang saat menghilang, akhirnya saya nulis aja caption panjang-panjang di IG dan crosspost ke FB.

Menulis sebenarnya bukan keahlian saya. (Eh, emang keahlian saya apa coba? 😂). Pikiran saya, yang sering dipenuhi hal-hal yang seharusnya ngga perlu dipikirkan kadang sedemikian berkecamuk (halahhh), hingga terasa perlu dituangkan. Nah, jaman itu, belum ada youtube, belum ada podcast, jadi lah satu-satunya media yang bisa saya pilih, ya menulis.

Ngga ada tujuan apa-apa awalnya. Cuma menuangkan gagasan, berbagi pemikiran. Dan ternyata, respon dari kawan-kawan cukup baik. Sebagian besar dari mereka yang membaca, mengatakan tulisan saya menarik dan bermanfaat. Seneng dong saya, jadilah makin semangat menulis meski dengan kemampuan seada-adanya aja.

Seiring waktu, tahun 2019 lalu, sewaktu saya memutuskan untuk mencoba rutin ngeblog lagi, saya kepikiran, gimana kalau kali ini bikin blog yang lebih serius, beli domain pakai nama saya, dan voila!

Lebih serius versi saya ya cuma sebatas ini. Rasanya kok menyenangkan, punya media untuk menuangkan pemikiran dengan nama saya. Semacam sedang mempersiapkan legacy. Receh ya.. 😁

Saat kawan-kawan blogger lain, sudah bisa ngapa-apain blognya sampai bisa menghasilkan income alias di-monetize, saya malah ngga kepikiran.

Eh ndilalah, kok ya tiba-tiba datang satu kesempatan, ada yang setelah baca blog saya, menawarkan project seru-seru untuk dikerjain bareng. Dan satu kesempatan itu berlanjut ke kesempatan-kesempatan berikutnya.

Ngga semua ada duitnya. Banyak yang project kerja bakti aja. Tapi kepuasan dan kebahagiaan menikmati prosesnya, nambah banyak teman, mendatangkan manfaat, malah kadang melebihi nilai uang ya.

Jadi, alasan saya ngeblog? Untuk bahagia. Selebihnya bonus 😉.

Entry untuk challenge 30 hari menulis di blog selama Ramadhan 1442H. #BPNRamadan2021 #Day2 #latepost

One reply on “Alasan Saya Ngeblog..”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *